Apa itu Tizen OS? – Mobile OS Dari Samsung

Dalam hal pemasaran tablet dan smartphone bersistem operasi android, Samsung adalah vendor yang tersukses dan menempati puncak pasar dengan Galaxy Seriesnya.Namun ditengah kuatnya pengaruh samsung dengan seri androidnya, Samsung malah ingin meluncurkan OS Mobile sendiri. Nama sistem operasi mobile milik Samsung tersebut adalah Tizen OS, sebuah sistem operasi mobile hasil kerjasama samsung dengan Intel.

Sama halnya dengan Firefox OS, Tizen OS saat ini tengah dikembangkan dan diharapkan bisa bersaing dengan android.

Tizen Samsung

Alasan Samsung untuk menggunakan sistem operasinya sendiri dan menduakan android adalah karena samsung ingin memiliki hak penuh atas OS yang terinstall di produknya. Tidak seperti sekarang, android adalah milik Google sehingga akses Samsung untuk android tidak terlalu leluasa.

Selain itu, Samsung juga tak ingin terlalu bergantung pada android. Tizen dibuat oleh Samsung dan Intel setelah MeeGo, sistem operasi mobile yang dikembangkan bersama Nokia berhenti di tengah jalan dan tergantikan windows phone.

Tizen OS bersifat open source seperti halnya android, dan diharapkan OS ini tidak akan hanya terbatas pada tablet dan smartphone saja. Tapi juga smart TV sampai sistem hiburan dalam kendaraan.

Untuk peluncuran, kabarnya Samsung akan meluncurkan Tizen OS pada tahun 2013 ini. Apakah Tizen OS bisa bersaing dengan android, kita tunggu saja kelanjutannya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *