Apa itu Firefox OS? – OS Mobile Firefox OS

Tahun 2011 sampai 2013 merupakan masa jaya sistem operasi android, dan diprediksi hal itu masih akan terus berlangsung sampai tahun mendatang. Selain OS android, berbagai sistem operasi mobile pun diperkenalkan satu persatu. Bahkan sebagian berani mengklaim merupakan OS saingan serius android meskipun pada akhirnya mereka tumbang juga.

Salah satu OS yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah Firefox OS? Lho, bukannya firefox itu nama browser kepunyaan mozilla? Yap, memang benar. Namun Mozilla juga menggunakannya untuk nama OS Mobile terbaru mereka.

Pada awalnya, nama sistem operasi ini adalah Boot to Gecko, namun akhirnya dirubah menjadi Firefox OS.

Firefox OS

Smartphone bersistem operasi Firefox OS telah diluncurkan pada awal tahun ini. Mozilla bekerjasama dengan dua vendor smartphone besar yaitu Alcatel dan ZTE. Dengan Alcatel, mereka sukses meluncurkan Alcatel One Touch Fire sedangkan dengan ZTE mereka sukses meluncurkan ZTE Open yang memiliki harga terjangkau.

Alcatel One Touch Fire dan ZTE Open

Keterangan : Yang di kiri adalah Alcatel One Touch Fire, silahkan klik disini untuk melihat spesifikasi lengkapnya. Yang di kanan adalah ZTE Open, silahkan klik disini untuk melihat spesifikasi lengkapnya.

Yang cukup disayangkan, sampai saat ini smartphone dengan sistem operasi Firefox OS belum tiba di Indonesia.Saat berada dalam acara Kopdar Mozilla Jogja, salah satu panitia mengatakan bahwa harga ZTE Open (jika di Indonesia) kemungkinan adalah 900 ribu rupiah, atau kurang. Sedangkan untuk kejelasan waktu sampai peluncuran, saat ini masih belum ada kabar yang pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *