Aplikasi Rakit PC – Simulasi Biaya Merakit Komputer di Android

Aplikasi Rakit PC – Simulasi Biaya Merakit Komputer di Android

Baru sekitar setahunan yang lalu saya kepikiran mengenai merakit PC sampai dengan rakitan yang sudah jadi sekarang. Dulu dari semasa kuliah, saya tak pernah berpikir untuk merakit komputer karena sejauh aktivitas yang saya lakukan, laptop saya masih bisa menanganinya termasuk juga dalam hal game seperti skyrim meskipun FPSnya cukup terbatas.

Namun setelah saya menemukan beberapa aplikasi yang terbilang berat, dan juga memainkan game yang membutuhkan spesifikasi diatas kemampuan laptop (Lenovo B490), mulai tahun lalu akhirnya saya merencakan untuk merakit komputer.

Karena saat itu saya masih buta informasi mengenai hal yang berhubungan dengan rakit-merakit, saya pun melakukan berbagai pencarian dan riset mulai dari rajin membaca blog mengenai perakitan komputer,menonton video yang berisi rakitan-rakitan komputer berbasis AMD dan Intel, sampai dengan bergabung dengan beberapa grup yang berkaitan dengan komputer.

Dari pencarian informasi itulah saya menemukan aplikasi bernama Rakit PC yang dibuat oleh developer NaruDore.

Aplikasi Rakit Komputer Oleh Narudore
Aplikasi Rakit Komputer Oleh Narudore

Deskripsi Singkat Aplikasi Rakit PC

Singkatnya, aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan simulasi biaya yang akan dihabiskan dalam proses pembelian part-part komputer nantinya. Pada beberapa bagian spesifik seperti CPU yang disediakan  dalam daftar akan tergantung dari platform dan socket yang akan dipilih.

Misalnya saja, memilih CPU Intel akan memberikan pilihan LGA 1155,1150, dan 1151 dilanjutkan dengan pemilihan prosesor dengan socket yang bersangkutan secara otomatis. Sedangkan AMD akan memberikan pilihan socket FM1,FM2,AM1 sampai dengan AM4, dilanjutkan dengan pemilihan prosesor sesuai dengan socket yang sudah dipilih.

Dan tentunya, saran yang diberikan sudah diberikan detail biaya yang akan dikeluarkan dengan total biaya keseluruhan di bagian paling bawah aplikasi. Jadi aplikasi rakit komputer ini bisa memberikan gambaran awal untuk pemula sekalipun, benar-benar sangat friendly untuk pemula.

Penggunaan

Aplikasi RakitPC ini lazim digunakan untuk memberikan saran build komputer dengan platform tertentu di grup-grup facebook tempat saya bergabung. Misalnya saja, seseorang member meminta saran build dengan budget 3-4 juta, maka beberapa member akan memberikan rekomendasi build dengan budget dan platform yang sudah disebutkan.

Aplikasi ini juga berguna untuk orang yang berencana untuk merakit komputer namun dibingungkan dengan beberapa build dan variasi biaya yang tersedia. Dalam kasus saya, saya membuat 3 pertimbangan dengan detail hanya prosesor – motherboard – ram seperti pada gambar dibawah. Setelah menentukan build yang saya ambil, kemudian saya mulai membuat build yang lebih detail dengan menyertakan semua part sampai dengan final build.

Membuat Beberapa Build Dasar Sebagai Pertimbangan
Membuat Beberapa Build Dasar Sebagai Pertimbangan

Setelah build anda sudah jadi, anda bisa menscreenshotnya atau membagikannya langsung ke sosial media untuk meminta pertimbangan kepada teman anda. Berbekal aplikasi ini, setelah mempertimbangkan build saya akhirnya bisa memilih part-part komputer yang sudah disesuaikan dengan budget awal sampai dengan proses jadinya perakitan.

Unduh Aplikasi Rakit Komputer

Aplikasi Rakit PC untuk perakitan komputer bisa didapatkan melalui link berikut ini jika anda ingin mengunduhnya via desktop atau cukup cari Rakit PC di pencarian google play store HP android anda.

Get It On Google Play Store

Leave a Comment