Cara Flash Firmware(Upgrade/Downgrade) Sony Xperia Neo MT15i dan Neo V MT11i

Menanggapi rekan-rekan di grup resmi sony ericsson xperia neo/v/pro. Disini saya akan berbagi seputar tutorial flashing firmware untuk sony ericsson xperia Neo,Neo V yang sama-sama keluaran 2011.

Flashing firmware disini tidak haya bertujuan untuk upgrade, tapi juga downgrade. Semua tergantung pada masing-masing user, apakah firmware yang akan diflash adalah firmware untuk gingerbread atau firmware untuk ice cream sandwich.

Sony Xperia Neo

Berikut keunggulan masing-masing versi android (yang tersedia untuk Neo dan Neo V)

  • Gingerbread a.k.a 2.3.4 : Tampilan ringkas, baterai paling awet, dan juga paling tahan digunakan untuk bermain game-game HD.
  • Ice Cream Sandwich a.k.a 4.0.4 : Tampilan oke, better than Gingerbread. Tapi paling sekarat dalam urusan game, baru buka langsung mental (not recomended for hard gaming)

Untuk link download firmware, anda bisa mendownloadnya langsung via thread resmi di forum xda berikut ini :

Yang ini Ginger :

http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=35472530&postcount=1

Yang ini ICS :

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1678690

Bahan yang perlu anda siapkan :

1. Tentunya smartphone Neo atau V kesayangan anda, disertai dengan kabel USB

2. Flashtool untuk proses flashing, silahkan download di situs resminya : https://github.com/Androxyde/Flashtool

3. Firmware yang dipilih, silahkan download melalui thread forum xda diatas. Pilih sesuai kebutuhan anda. Untuk contoh kali ini, saya menggunakan firmware .587

4. Flashtool Drivers, bisa diinstall ketika proses instalasi flashtool atau setelah instalasi flashtool. Untuk menginstall driver setelah instalasi flashtool, silahkan double click file flashtool-drivers.exe yang ada di folder C:\Flashtool\drivers. Tampilannya sbb :

Letak file driver flashtool

Instalasi driver :

Jendela instalasi driver flashtool

Setelah flashtool dan drivernya terinstall, langsung saja kita menuju panduan flashing baik itu untuk upgrade maupun downgrade smartphone Sony Xperia Neo MT15i dan Sony Xperia Neo MT11i :

1.  Ekstrak firmware yang sudah anda download tadi, maka anda akan mendapatkan file berekstensi .ftf. Setelah itu, silahkan tempatkan file tersebut di folder C:\Flashtool\firmwares

2. Buka Flashtool, setelah dibuka tampilan flashtool akan nampak seperti ini :

Jendela flashtool

3.  Klik pada logo berbentuk petir yang terletak di pojok kanan atas, dibawah menu File maka akan muncul prompt untuk memilih mode. Untuk kali ini silahkan pilih Flashmode.

Pemilihan mode

4. Setelah anda mengeklik OK akan muncul jendela flashmode. Pada jendela tersebut, silahkan pilih firmware yang akan anda flash. Untuk panduan ini, saya menggunakan firmware .587 sebagai contoh. Centang pada Wipe data,wipe cache, dan no final verification seperti gambar dibawah ini:

5. Setelah anda mengeklik button OK, maka flashtool akan loading dan mempersiapkan proses flashing. Jika persiapan, maka akan muncul prompt jendela yang meminta anda menancapkan kabel USB anda beserta dengan samrtphonenya dalam flashmode.

Jendela Prompt Flashmode

6. Penjelasan singkatnya adalah saat anda akan menyambungkan smartphone anda ke laptop (smartphone dalam keadaan off). Tekan dan tahan tombol back(terletak di kiri) sambil anda menghubungan smartphone dan laptop yang sudah siap tadi via USB.

Jika sukses, maka saat tersambung lampu indikator pada ponsel akan menyala dengan warna hijau dan log pada Flashtool akan memberikan info bahwa ponsel tersambung dalam FlashMode.

7. Proses flashing akan berlangsung beberapa menit, tunggu sampai persentasenya mencapai 100%.

8. Setelah selesai, maka log pada Flashtool akan memberikan info bahwa device sudah disconnected dan anda bisa mencabutnya.

9. Nyalakan smartphone anda, tunggu beberapa menit karena booting awal selalu lebih lama dari booting yang biasanya. Jika selesai, selamat karena anda telah sukses flashing firmware untuk Neo atau Neo V kesayangan anda.

10. Untuk mengecek versi firmware yang anda install, silahkan masuk ke Settings >> About

Jika anda masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *