Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Yang Tidak Bisa Update di HP Xiaomi Android

Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Yang Tidak Bisa Update di HP Xiaomi Android

Kurang lebih selama beberapa bulan terakhir saya dan banyak pengguna smartphone Xiaomi mengalami masalah dalam hal update aplikasi google di Google Play Store. Meskipun memori internal masih banyak, beberapa aplikasi bawaan google seperti Youtube,Gmail,Google Docs,Chrome,Google Maps, dll tidak bisa diupdate sama sekali. Pada awalnya, download update memang berjalan seperti biasa. Namun setelah download selesai, proses instalasi akan mengalami kegagalan. Informasi tambahan, masalah ini tidak hanya menimpa aplikasi bawaan Google (Google Apps) tapi juga aplikasi Gojek.

Sedikit Cerita

Pada awalnya masalah aplikasi yang tidak bisa diupdate ini bisa saya abaikan mengingat saya masih bisa menggunakan semua aplikasi google tanpa ada masalah meski tidak dalam keadaan up to date. Masalah baru muncul ketika Xiaomi Redmi Note 2 Prime milik saya menjadi sering mati dan proses booting android saya menjadi lebih lama. Setelah masuk grup Xiaomi Redmi Note 2 di Facebook, ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa.

Dan yang cukup mengecewakan, saat itu solusi yang direkomendasikan adalah pengguna perlu menggunakan custom ROM agar semuanya berjalan normal. Untuk yang lainnya? Banyak yang memutuskan untuk pasrah, sampai ada yang mengganti HP. Untuk saya sendiri, saya terpikir untuk berpindah ke HP lama Sony Ericsson Xperia Neo yang alhamdulillah masih sehat walafiat meskipun sudah lebih dari 5 tahun pemakaian.

Xperia Neo Masih Sehat Walafiat
Xperia Neo Masih Sehat Walafiat

Solusinya Ketemu! Cara Update Aplikasi Google dan Gojek di HP Xiaomi!

Baru sekitar satu minggu terakhir, salah satu member grup Xiaomi Redmi Note 2 Indonesia memposting sebuah solusi yang mana solusi tersebut dia dapatkan dari forum Xiaomi. Solusi yang dimaksud adalah dengan menambahkan 2 baris kode pada build prop. Untuk itu, anda diharuskan melakukan root terlebih dahulu dan menginstall aplikasi Build Prop Editor yang nantinya perlu menggunakan akses superuser agar bisa berfungsi.

Build Prop Editor By JRummy Apps
Build Prop Editor By JRummy Apps

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Diupdate di Play Store

1. Silahkan root smartphone anda terlebih dahulu kemudian install aplikasi Build Prop Editor di Google Play Store

2. Masuk ke aplikasi Build Prop Editor dan berikan akses superuser saat permohonan akses muncul

Halaman Depan Build Prop Editor
Halaman Depan Build Prop Editor

3. Tap pada pojok kanan atas kemudian pilih New. Tambahkan baris kode berikut ini :

Name : dalvk.vm.dex2oat-filter

Value : interpret-only

Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Diupdate Baris 1
Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Diupdate Baris 1

4. Kemudian Save

5. Pilih New lagi dan tambahkan baris berikut, kemudian Save :

Name : dalvik.vm.image-dex2oat-filter
Value : Speed

Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Diupdate Di Play Store Baris 2
Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Diupdate Di Play Store Baris 2

6. Setelah selesai, silahkan reboot smartphone xiaomi anda dan coba lagi untuk melakukan update di play store. Jika anda melakukan tahapan diatas dengan benar maka aplikasi Google dan Gojek akan terupdate tanpa ada masalah.

3 thoughts on “Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Yang Tidak Bisa Update di HP Xiaomi Android”

Leave a Comment