Memasukkan Lagu ke iPod Shuffle Tanpa iTunes

Pada awalnya, memasukkan lagu ke ipod shuffle adalah masalah yang saya hadapi beberapa bulan lalu saat pertama kali memiliki iPod Shuffle.

iPod Shuffle sendiri adalah mp3 player berukuran mini yang merupakan produk dari Apple. Ukurannya yang kecil dan peletakan tombol-tombol kontrol musik yang ringkas membuat saya menyukai iPod Shuffle.

iPod Shuffle

iPod Shuffle

Pada awalnya, saya mengira bahwa cara memasukkan lagu ke iPod Shuffle adalah dengan cara transfer file biasa seperti pada kebanyakan device. Namun ternyata salah, originalnya untuk menginputkan lagu ke iPod ternyata membutuhkan iTunes.

Karena awalnya cukup kesulitan menggunakan iTunes, akhirnya saya googling sampai menemukan cara memasukkan lagu ke iPod Shuffle menggunakan software. Untuk software yang saya gunakan adalah Bigasoft iPod Transfer.

Penggunaannya cukup mudah, setelah anda mendownload software ini dari situs resminya di Bigasoft iPod Transfer Official Site, anda bisa langsung membuka software ini dengan catatan iPod sudah harus tersambung ke PC/laptop terlebih dahulu.

Berikut ini tampilan dari Bigasoft iPod Transfer dalam beberapa kondisi :

1. iPod belum tersambung

iPod belum tersambung

iPod belum tersambung

2. iPod sudah tersambung dan menampilkan informasi device

iPod Shuffle Sukses Tersambung

iPod Shuffle Sukses Tersambung

3. iPod menampilkan daftar lagu

Daftar Lagu Pada iPod

Daftar Lagu Pada iPod

Untuk memasukkan lagu yang anda inginkan, anda tinggal menekan button Add file to list atau add folder to list yang terletak di pojok kanan atas. Untuk notifikasi berhasil atau gagalnya proses input lagu, anda bisa mengeceknya pada bagian dasar software ini.

Tambahan, rekomendasi software lain yang memiliki fungsi sama adalah Appandora. Pengoperasiannya kurang lebih sama, hanya saja Appandora dilengkapi dengan opsi untuk menambahkan media berupa file gambar sehingga bisa juga digunakan pada iPod Nano. Namun untuk iPod Shuffle, saya lebih prefer pada Bigasoft iPod Transfer karena tampilannya lebih ringkas dan loadingnya juga cepat.

Memasukkan Lagu ke iPod Shuffle Dengan Sinkronisasi iTunes

Cara ini sebenarnya menggunakan iTunes dan saya baru mengerti beberapa hari setelah menggunakan software diatas. Caranya cukup mudah, anda tinggal memasukkan lagu yang ingin anda masukkan ke iPod pada folder My Music PC/laptop anda.

Setelah itu, silahkan buka tab iPod pada iTunes kemudian pilih tab Music. Setelah itu centang Sync musik dengan beberapa pilihan opsi sinkronisasi yang bisa anda pilih.

Sync Music

Sync Music

Oke, semoga membantu dan saya juga sempatkan buat nyundul artikel Pakar SEO 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *