Ikutan Kopdar Mozilla Jogja di Jogja Digital Valley

Sekitar seminggu yang lalu, saya mengikuti sebuah acara kopdar yang diadakan oleh komunitas Mozilla Indonesia yang membawa nama #MozKopdarJog. Yah, sebenarnya bisa dibilang postingan saya agak telat mengingat rekan-rekan yang lain seperti mas Iwan sama mas Tongkonanku sudah posting duluan, belum lagi blogger-blogger yang lain.

Lokasi kopdar berada di Jogja Digital Valley atau disingkat JDV yang terletak di Sagan. Disana, anda bisa menggunakan fasilitas yang ada dengan syarat harus mendaftar sebagai member. Cara pendaftarannya cukup mudah, tinggal mendaftar saja secara online via situs resminya di http://jogjadigitalvalley.com/ kemudian melakukkan verifikasi identitas diri dengan datang langsung ke lokasi dan memberikan kartu identitas untuk discan.

Jogja Digital Valley

Oke, kembali ke topik utama. Dalam acara tersebut, saya mengambil satu gambar sebelum acara dimulai.

Dalam acara tersebut, tim Mozilla Indonesia memberikan beberapa penjelasan. Misalnya saja beberapa produk Mozilla yang lain seperti Thunderbird email client, Persona, Web Maker. Maklum, kebanyakan orang sekarang kan taunya Mozilla ya cuma Firefox Web Browser. Iya apa ndak?

Pembahasan paling menarik buat saya (dan mungkin juga teman-teman) adalah soal Firefox OS yang merupakan produk terbaru dari Mozilla.Firefox OS adalah sistem operasi untuk mobile buatan Mozilla. Awalnya bernama boot to gecko, namun akhirnya diganti menjadi Firefox OS.

Dalam acara tersebut, penyelenggara juga menyediakan 3 smartphone bersistem operasi Firefox OS.Ketiganya adalah produk dari ZTE yang bernama ZTE Open. Kesan pertama saya saat menggunakan smartphone ini, nyaman dan smooth. Cuma saya masih bingung dengan letak-letak menu utama dan bagian-bagian yang lebih mendalam, mungkin masih perlu pembiasaan.

Yang ini foto ZTE Opennya, model tangannya saya sendiri loo

Untuk saat ini, ZTE Open baru tersedia di beberapa negara dan sayangnya Indonesia belum termasuk. Namun saya memprediksi, mungkin smartphone bersistem operasi Firefox OS ini akan hadir di tahun depan mengingat dalam beberapa bulan terakhir tim Mozilla Indonesia gencar memperkenalkannya di beberapa daerah di Indonesia.

Untuk pembahasan smartphone bersistem operasi Firefox OS baik itu ZTE Open maupun Alcatel One Touch Fire akan saya pisahkan dalam bentuk postingan lain. Tunggu saja ya 😀

Setelah acara selesai, momen yang ditunggu banyak orang pun tiba. Foto-fotoo, baik itu dengan rekan-rekan kopdar, logo firefox, maupun dengan smartphone ZTE Open :D.

Yang ini foto saya, pake kaos Komunitas Blogger Nganjuk. Sekali-sekali narsis, soalnya jarang foto-foto juga. . 😀

Yang ini foto pas bareng-bareng seluruh peserta kopdar, posisi saya di belakang Mas Tomipurba itu loo

Yang ini foto bareng Blogger Ngawi sama blogger Madiun yang ngaku blogger Jogja

Yang terakhir foto saya lagi

Oke, sekian dan terima kasih. See you in the next post, mumpung lagi semangat posting :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *