Cara Mengontrol Winamp Melalui Android (Need WiFi)

Untuk kali ini saya akan memberikan panduan untuk mengontrol winamp melalui smartphone android dengan jaringan wifi sebagai media penghubungnya.

Apa keuntungannya? Tentu saja anda tidak perlu repot-repot mengontrol secara manual, baik itu menekan button next,previous, memilih track, dll. Semuanya bisa anda lakukkan hanya menggunakan smartphone android dan aplikasi bernama RemoteControl for Winamp.

RemoteControl for Winamp

 Bahan-bahan

Panduan :

1. Install RemoteControl for Winamp pada smartphone android

2. Install Winamp Plugin pada PC, setelah selesai silahkan move file gen_RemoteControl.dll kedalam folder C:\Program Files\Winamp\Plugins

3.Setelah semua langkah diatas dilakukkan, silahkan buka winamp. Maka anda akan mendapati window RemoteControl Server terbuka bersamaan dengan winamp. Tampilannya sbb :

Perhatikan pada bagian IP Adresses yang terletak pada bagian pojok kanan atas. Catat baik-baik IP yang terletak di bagian atas (dalam gambar adalah 192.168.1.2, sesuaikan dengan IP pada window RemoteControl Server anda).

4. Buka aplikasi RemoteControl Winamp pada smartphone android anda, kemudian masuk tab Settings, pilih Server IP Adress. Masukkan IP yang sudah anda catat tadi pada bagian tersebut, setelah selesai silahkan klik OK. Preview gambar :

5. Setelah anda yakin semuanya sudah benar, termasuk PC dan android sudah terhubung dalam jaringan WiFi. Silahkan klik tombol connect pada aplikasi, maka aplikasi akan melakukkan sinkronisasi dengan winamp pada PC melalui WiFi.

6. Jika sudah selesai, anda bisa mengontrol Winamp melalui android. Berikut ini adalah beberapa preview setelah saya berhasil mengontrol winamp desktop melalui android.

Tampilan winamp di desktop, perhatikan pada track yang sedang dimainkan, yaitu Yukari Tamura – Wonder Tale dan juga track list yang berada dibawahnya.

Samakan dengan screenshot yang saya capture pada android saya saat mengontrol winamp :

 

Cukup jelas bukan :). Jika masih bingung atau ada yang perlu dikoreksi, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *