Review Air Flash AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock Dualband

Dulu, koneksi internet saya di kost menggunakan speedy dari telkom. Namun karena kualitas berbanding terbalik dengan harga, bahkan dalam beberapa kesempatan kecepatannya menurun drastis sampai picobits. Akhirnya saya dan teman satu kost saya, Nugroho. Memutuskan hengkang dari speedy dan berusaha mencari aternatif koneksi internet lain.

Lewat mas Iwan Restiono, saya direkomendasikan untuk menggunakan modem CDMA. Untuk lokasi pembelian, direkomendasikan di toko modem online yang beralamat di modemku.com yang setelah ditelusuri ternyata cukup dekat dengan kost saya. Toko modem ini terletak di Jalan Raya Tajem kilometer 0,5, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Setelah pilih-pilih dengan seksama, mulai dari model, spesifikasi,akhirnya saya putuskan untuk membeli AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock Dualband. Detail produknya di halaman resmi modemku.com bisa anda lihat disini dan diskuisi modem ini di kaskus ada disini, dan inilah penampakan setelah saya membelinya:
Review Air Flash AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock DualbandIni penampakan dalemannya setelah saya lucuti : Air Flash AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock Dualband
Setelah baca-baca petunjuk instalasi dan registrasi, akhirnya modem AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock Dualband dengan kartu smart siap dieksekusi untuk berinternet ria. Tampilan dashboardnya ternyata masih pakai Mobile Partner, tapi cuma dirubah logonya saja. Penampakan bisa anda lihat dibawah ini:

Modem

Kendala ditemui saat pertama menggunakan modem ini, masalahnya ada proses authenticating yang memakan waktu sangat lama dan hampir tidak pernah berhasil. Memang, beberapa kali sukses nyambung. Namun hal itu hanya bertahan beberapa menit sampai kemudian koneksi kembali putus. Bahkan sempat juga proses authentikasi saya tinggal tidur, begitu bangun malah gagal mengkoneksikan :hammer. Hal itu berlangsung sejak siang hari sampai sore.

Namun, begitu menyentuh maghrib mulai ada perubahan. Proses authentikasi yang sebelumnya memakan waktu cukup lama berubah menjadi cepat (mungkin butuh penyesuaian). Sejak saat itu koneksi internet menggunakan AH009 Smartfren EVDO Rev A Unlock Dualband + kartu smartfren masa promo unlimited 60 hari menjadi lancar.

Sempat saya test speednya beberapa kali di speedtest, namun hasilnya berubah-ubah. Ini menandakan kecepatannya tidak stabil. Berikut ini adalah screenshot speedtest paling cepat yang sempat saya abadikan :

Hasil testing di SpeedtestOh ya, modem ini juga mendukung antena eksternal. Namun untuk memasangnya anda harus membongkar badan modem atau membuat lubang sebagai jalan colokan kabel antena. Bersumber dari situs modemku.com, berikut ini adalah penampakannya:

Antena Eksternal di Air Flash AH009
Koneksi smartfren adalah koneksi yang ababil, terkadang cepat dan terkadang lambat. Jadi jika koneksi berat mungkin anda bisa memanfaatkan antena eksternal diatas. Saya sendiri sampai sekarang belum terpikir untuk memasang antena eksternal karena ada sedikit masalah keuangan, mungkin nanti akan dipertimbangkan untuk membeli.

Sekian untuk artikel kali ini, waktunya ngeblog kembali 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *