Google Luncurkan Update Penguin 3.0

Saat ini belantara internet sedang diguncang oleh update penguin 3.0 yang baru saja dirilis oleh Google. Fakta mengenai update penguin 3.0 ini pun sebenarnya sudah saya ketahui sejak beberapa hari lalu via artikel di searchengineland. Disana dikatakan bahwa google telah merilis update penguin 3.0 setelah setahun lamanya algoritma ini tidak diupdate.

Pada awalnya saya cukup lega karena dampak dari penguin 3.0 membuat blog yang sedang saya develop jadi naik, itu berlangsung 3 hari. Namun hari ini, beberapa jam sebelum artikel ini diposting. Saya mendapati bahwa beberapa keyword andalan blog saya (bukan blog ini) melorot ke halaman belakang. Yang awalnya ada di halaman 1 peringkat menjadi peringkat 30, lainnya malah tidak nampak di 30 besar.

Panik? Tentu saja, setelah itu saya langsung googling menyangkut update penguin 3.0 ini. Menemukan artikel di searchengineland yang berjudul : Google Penguin 3.0: Worldwide Rollout Still In Process, yang menjelaskan bahwa algoritma ini masih belum dirilis sepenuhnya. Wah, ini yang bikin lumayan ketar ketir.

Google Penguin 3.0

Kembali googling ke forum-forum luar negeri maupun baca-baca di ads.id, saya juga menemukan thread yang mendiskusikan soal update penguin 3.0 atau yang disebut juga ebola! Threadnya ada 2, silahkan langsung menuju halaman ads.id untuk mengikuti diskusi atau sekedar menjadi silent reader :

Update kali ini masih menyasar situs-situs dengan spammy links dan anchor text berlebihan, namun kadang blog-blog innocent seperti blog saya juga kena depak. Update ini masih belum final dan masih dalam proses rolling out, jadi jangan berputus asa dulu.

Untuk yang blognya kena depak penguin 3.0, bisa membaca artikel di forbes berikut ini : Penguin 3.0: The Definitive Guide To Diagnosis And Recovery. Artikel tersebut menjelaskan cara lepas dan bertahan dari depakan penguin, caranya yaitu dengan melakukkan disavow link-link yang terhitung spam di google webmaster.

Apakah mas ribut sendiri sudah mempraktekkan isi dari artikel di forbes? Berhubung blog saya masih 2 bulan, jadi belum banyak link yang muncul di google webmaster. jadinya saya masih belum tahu link-link mana yang terhitung spammy.

Lalu bagaimana dengan Blog Dian Ribut ini, apakah kena dampak penguin 3.0 juga? Berhubung ini blog pribadi dan tidak ditargetkan untuk cari uang, jadi saya tidak terlalu peduli apakah blog ini kena penguin atau tidak. Kalau naik ya alhamdulillah, tidak naik ya wasyukurilah.

Yah, untuk saat ini coba tetap rutin update saja mengingat update ini masih belum final. Jadi masih ada kesempatan untuk bangkit dan kembali bersaing di serp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *