Google Luncurkan Mobile Friendly Test Tool

Baru saja saya membuka salah satu situs SEO favorit : searchengineland.com dan disana saya menemukan salah satu artikel yang cukup menarik, yaitu artikel yang memberitakan bahwa google baru saja meluncurkan tool baru di google developers untuk melakukkan test apakah sebuah situs termasuk dalam mobile friendly atau tidak.

Tool tersebut beralamat di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ dan akan menguji ke-mobile friendly-an situs anda, grade yang diberikan cuma 2 yaitu pass : Awesome! This page is mobile-friendly dan fail : Not mobile-friendly. Screen capture tampilan mobile website juga akn ditampilkan di halaman penujian, dan akan ada pemberitahuan tentang halaman-halaman mana saja yang diblok oleh robots.txt (jika ada) di bagian bawah screen capture tampilan mobile.

Untuk lebih detailnya kita akan menguji secara langsung. Untuk yang pertama saya akan menguji blog ini di mobile friendly test tool dan hasilnya sebagai berikut ini :

Dian Ribut Weblog di Mobile Friendly Testing Tool

Dian Ribut Official Blog di Mobile Friendly Testing Tool

Dari gambar diatas, bisa disimpulkan bahwa blog ini telah lulus tes mobile friendly. Namun mengalami temporary error pada 2 halaman yang di list dibagian bawah screen capture. Sudah saya cek, ketiga halaman tersebut diblok oleh robots.txt dan mungkin akan saya un-blok nantinya.

Oke, lanjut ke test situs lain. Untuk test kedua saya menggunakan situs rajinlah.id yang menggunakan theme populer bernama GeneratePress. Untuk hasilnya adalah sbb :

Rajinlah.Com di Google Mobile Friendly Testing Tool

Rajinlah.Com di Google Mobile Friendly Testing Tool

Kesimpulannya, situs diatas lulus inspeksi dan tidak ada masalah tentang halaman-halaman mana saja yang diblok dari akses robot google. Nice one!

Tips Lolos Mobile Friendly Test Tool

Tidak ada tips khusus yang perlu dilakukkan untuk bisa lolos inspeksi dalam Google Mobile Friendly Test Tool teman-teman cukup menggunakan themes yang sudah responsive dan mobile friendly, seperti esplanade wordpress themes ini misalnya. Hal ini bukanlah hal yang sulit mengingat sekarang sudah ada banyak sekali themes dan template responsive gratisan, baik untuk wordpress maupun untuk blogspot.

Cara lain adalah menggunakan plugins mobile untuk wordpress, seperti yang disediakan oleh jetpack (Tambahan dari mas ndop di komentar)

Sedangkan untuk solusi temporary error seperti pada contoh pertama diatas, sebenarnya itu bukanlah masalah besar. Namun jika teman-teman ingin “membersihkannya” sekalian, teman-teman bisa mengilangkan blockingnya dengan cara mengedit isi robots.txt. Untuk yang ini, teman-teman bisa memanfaatkan google webmaster tool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *