Mudahnya Membeli Aplikasi dan Game di Play Store Dengan Indosat Carrier Billing

Belum lama ini salah satu operator seluler terbesar di Indonesia yaitu Indosat meluncurkan Indosat Carrier Billing, sebuah layanan yang bisa digunakan untuk membeli dan membayar aplikasi/game di google play store. Dan tentunya, fitur baru indosat ini juga mendukung pembelian dalam aplikasi atau app-in purchase (membeli item tambahan dalam game/aplikasi). Dana yang dipotong berasal dari pulsa pengguna.

Saat mendengar tentang fitur ini, terang saja owner blog Dian Ribut pun senang karena saya sering memainkan game-game dan menggunakan aplikasi yang premium di google play store meski seringnya main illegal ataupun crack. Kendala yang saya alami dari dulu adalah proses pembelian yang dulu hanya melayani kartu kredit atau google wallet, sedangkan saya sendiri belum memiliki kartu lredit atau mengerti tentang google wallet.

Cara penggunaan fitur ini pun cukup mudah, pengguna cukup mengisi pulsa pada nomor indosat yang akan digunakan untuk membeli game/aplikasi di google play store atau app in purchase dalam game/aplikasi dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari seharusnya.

Indosat Carrier Billing

Indosat Carrier Billing

Saya sendiri sudah mencoba dan menggunakan fitur ini 2 kali untuk app in purchase, dan tidak perlu repot menghitung rate karena saat anda akan melakukkan pembelian maka total yang akan ditampilkan adalah menggunakan rupiah. Saya berikan sedikit demonstrasi tentang penduan membeli game di google play store menggunakan indosat carrier, sebagai contoh saya akan menggunakan game Five Night at Freddy’s dengan smartphone xperia neo.

1. Buka game yang akan dibeli di perangkat android anda (contoh : Five Night at Freddy’s)

Halaman Game Yang Akan Dibeli

Halaman Game Yang Akan Dibeli

2. Klik buy, nanti akan muncul detil permission game yang akan anda beli. Klik accept dan windows metode pembayaran dengan detail harga game akan terbuka.

Jendela Metode Pembayaran

Jendela Metode Pembayaran

3. Klik pada payment method, akan muncul “Bill My Indosat Account”. Jika ini adalah pertama kalinya teman-teman melakukkan pembelian menggunakan indosat carrier, maka teman-teman akan diminta memasukkan beberapa data pribadi seperti nama, alamat, kodepos, dll.

Bill My Indosat Account

4. Dan jika semua sudah selesai, maka pembelian akan diarahkan pada halaman pembelian awal dengan metode Indosat Carrier. Nantinya teman-teman akan diminta memasukkan password akun google dan diberi opsi remember password. Saya sendiri lebih memilih untuk tidak mencentang opsi remember password, dengan alasan keamanan.

Pembelian Menggunakan Indosat Carrier

Pembelian Menggunakan Indosat Carrier

5. Klik buy dan order anda akan segera diproses. Jika pembelian berhasil, maka secara otomatis pulsa anda akan terpotong sesuai jumlah yang tela ditentukan dan detail pembayaran akan dikirimkan ke email anda.

Untuk contoh bukti pembayaran yang dikirim via email, saya akan gunakan proof saat saya membeli crystal (app-in purchase) untuk sebuah game bernama Guns Girl School DayZ. Nominalnya hanya 12ribuan, masih sekedar mencoba :

Bukti Pembayaran dari Google Play Store

Bukti Pembayaran dari Google Play Store

Sekedar tips :

1. Untuk yang dual SIM, letakkan simcard indosat di SIM 1 dan aktifkan semua layanan pada indosat (voice, message, data)

2. Saat mengakses halaman play store tidak harus menggunakan paket data indosat, menggunakan WiFi juga bisa.

3. Jika dalam proses pembelian metode pembayaran indosat carrier billing tidak muncul atau error saat memilih metode pembayaran, close window dan ulangi. Ini juga sempat terjadi pada saya, yang kemudian sukses setelah dilempar ke window tempat pengisian identitas diri (sudah dijelaskan diatas)

4. Sekian dan selamat menikmati fitur Indosat Carrier Billing dari Indosat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *