Cara Restore / Mengembalikan Grub di Linux Mint 17.1 Rebecca

2 hari lalu, saya baru saja melakukkan install ulang windows di laptop. Detilnya, saya berpindah dari windows 8.1 64 bit ke windows 8.1 32 bit, tujuannya tentu saja agar performa dan multitasking bisa berjalan lebih baik. Karena saya sering kena warning RAM penuh saat sedang main Skyrim beraktivitas, akhirnya saya putuskan untuk melakukkan install ulang.

Dan karena saya melakukkan dual booting dalam laptop : linux mint 17.1 rebecca dan windows 8.1, konsekuensinya tentu saja adalah hilangnya Grub setelah booting dan langsung di-direct ke windows. Agar bisa masuk kembali ke Linux, maka harus dilakukkan proses restorasi grub yang akan jadi topik utama kita hari ini.

Linux Mint 17.1 Rebecca

Linux Mint 17.1 Rebecca

Yang perlu teman-teman persiapkan adalah installer Linux Mint entah itu dalam bentuk CD,DVD,USB Flashdisk, dll. Saya sendiri menggunakan USB flashdisk dan untuk tutorial pembuatan installer silahkan googling sendiri-sendiri. Kalau installer sudah siap, silahkan langsung ikuti panduan berikut :

1. Booting ke linux mint menggunakan CD atau usb flashdisk yang sudah anda siapkan.

2. Masuk ke aplikasi bernama GParted, fungsinya untuk melihat partisi yang ada dalam harddisk anda. Dan temukan di partisi mana anda menginstall linux. Sebagai contoh, dalam harddisk laptop saya menginstall linux di SDA5

Cek Partisi Melalui GParted

Cek Partisi Melalui GParted

Anda juga bisa mengecek partisi menggunakan command berikut di terminal :

sudo fdisk -l

Hasilnya sbb :

Cek Partisi via Terminal

Cek Partisi via Terminal

Dari gambar diatas, terlihat bawa partisi sda1,sda2, dan sda3 digunakan untuk windows. Sedangkan linux berada di SDA5, dan SDA6 (swap).

3. Ingat baik-baik dimana partisi linux beradam dan eksekusi command berikut :

sudo mount /dev/sda5 /mnt

Command ini berfungsi untuk melakukkan mounting pada partisi linux. Angka 5 yang bertanda merah, silahkan diganti dengan lokasi partisi linux anda sendiri.

4. Instalasi Grub

sudo grub-install -root-directory=/mnt/ /dev/sda

5. Tunggu sampai anda mendapatkan notif Installation finished, no error reported

6. Setelah selesai, silahkan reboot dan anda akan masuk ke grub untuk pilihan booting ke Linux atau Windows

Cara ini tidak hanya bekerja di Linux Mint 17.1 Rebecca saja, tapi juga di Ubuntu 14.04 dan peranakannya. Dan setelah saya browsing di internet, cara ini juga bekerja untuk versi-versi sebelumnya. Terimakasih dan semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *