Cerita Tentang Bagaimana Internet Telah Membuat Saya XLangkah Lebih Maju

Bagaimana Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju – Jaman sekarang siapa sih tidak kenal dengan internet? Bisa saya katakan, internet saat ini sudah mendominasi berbagai aspek kehidupan dan juga sangat bermanfaat bagi kita. Setiap hari kita membuka internet, entah itu untuk mendapatkan update informasi via blog berita, bersosialisasi dengan teman-teman lewat jejaring sosial, atau bahkan sampai mengandalkan internet demi mendapatkan mengepulnya dapur.

Internet

Cerita Tentang Pertama Kali Saya Mengenal Internet

Di artikel berjudul Bagaimana Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju ini, saya ingin menceritakan sedikit tentang diri saya beserta pengalaman saya pertama kali mengenal internet, dan juga Bagaimana Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju dibanding banyak orang lain.

Saya seorang anak pedesaan, atau lebih tepatnya pelosok karena sampai artikel ini ditulis jalan aspal belum masuk ke dusun saya, juga belum dimasuki kabel telepon hingga setiap hari saya harus mengayuh sepeda sejauh 7 kilometer untuk bisa mengakses internet di warnet terdekat.

Dari dulu, sejak kecil saya tidak memiliki ketertarikan dibidang IT. Kenal HP diwaktu SD, kenal komputer pada waktu SMP. Belum ada hal yang menarik yang sya rasakan tenang dunia IT. Intinya, hidup saya tak jauh berbeda dengan anak desa kebanyakan.

Pada saat SMP saya memang sudah mendengar tentang internet, namun hanya sebatas pada buku pelajaran dan juga prakteknya belum pernah dilakukkan karena fasilitas di sekolah belum mendukung. Yang saya tahu tentang internet dulu hanyalah internet itu sumber kenegatifan karena banyak hal negatif yang menyebar dari internet, harap maklum. Pemikiran orang desa, masih susah tersentuh teknologi.

Pola pikir seperti itu masih saya pegang sampai saya menanjak di bangku SMA, tepatnya di SMA Kertosono. Namun pola pikir lama itu akhirnya berubah setelah pada pertengahan semester pertama kelas 1 SMA di SMAN 1 Kertosono, guru biologi saya memberikan tugas kelompok. Sebuah tugas tentang klarifikasi hewan yang tidak terlalu sulit, namun sulitnya bagi saya ada pada hal mencari gambar hewannya (belum pernah kepikiran untuk ngenet).

Tentu saya kebingungan mendapat tugas seperti itu, karena belum pernah mendapatkan tugas seperti itu sebelumnya. Namun saya lihat teman sekelompok saya malah santai dan dengan enteng berkomentar menghadapi kebingungan saya:

Gampang, ngenet wae (Gampang,ngenet saja)

Dalam hati mikir,kok sebegitu gampangnya dia bilang begitu. Namun juga terbesit rasa penasaran apakah benar internet bisa sehebat itu. Akhirnya jadi, besok saya diajak ke warnet untuk mencari tugas kelompok. Keesokan harinya saya benar-benar diajak ngenet, saya duduk diam memperhatikan teman saya beraksi, mecari gambar plus deskripsi untuk tugas.

Cuma klak klik klaik klik,lha kok dia sudah dapat gambar plus deskripsinya *heran,mlongo #mukandeso*

Setelah itu, saya lihat aksi teman saya seterusnya sampai selesai mengerjakan tugas. Saya benar-benar kagum sekaligus heran, kok bisa cepet selesai. Setelah selesai mengerjakan tugas, dia buka halaman yang asing bagi saya yang kemudian saya ketahui friendster. Saya nanya, apa itu? *tetap pasang muka serius*

Lalu dia jelaskan panjang lebar soal friendster, tak lupa juga email yang katanya jadi syarat utama daftar-daftar di internet. Oke, akhirnya mulai mengerti dan belajar sesuatu bahwa internet itu memang banyak hal negatif, namun juga akan lebih banyak berakibat positif dan membuat kita XLangkah Lebih Maju jika kita lihai memanfaatkannya.

Mulai Sadar dan Memanfaatkan Internet Agar XLangkah Lebih Maju

Sejak saat itu saya mulai eksplorasi besar-besaran tentang internet sampai akhirnya kesandung yang namanya blog, terus facebook,twitter, dan akhirnya mulai mengenal istilah make money online atau penjabaran secara detail, kita bisa dapat uang dari internet.

Blog dan Media Sosial

Dalam belajar cari uang di internet juga, saya banyak mendapatkan batu sandungan. Salah satunya dari teman-teman sekolah, juga orang tua. Pendapat wajar, memang bisa kita dapat uang dari internet?? Saat itu saya memang belum bisa membuktikan dengan hasil nyata, namun dalam hati saya bertekad suatu saat saya bisa membuktikannya kepada teman-teman.

Kendala lain adalah masalah akses internet, karena di desa saya belum ada kabel telepon dan juga sinyal modem internet susah masuk. Jadi mau tidak mau saya harus mengayuh sepeda sejauh 7 kilometer untuk bisa sampai di warnet yang punya koneksi bagus. Itu saya lakukkan setiap hari demi XLangkah Lebih Maju dari diri saya sebelumnya. Kendala dari orang tua, sering dimarahi karena sering keluar malam CUMA BUAT NGENET, belajar make money online (disangkal juga sama orang tua).

Mulai Membuktikan Kebenaran Mencari Uang Dengan Internet

Setelah beberapa lama berinternet ria, akhirnya dapat juga penghasilan yang kira-kira bisa dijadikan bukti. 600.000 ribu perak yang pada akhirnya saya buat bayar SPP sekolah *orang tua bangga *

Sejak saat itu orang tua saya mengerti dan mulai mendukung saya untuk berinternet ria. Bahkan saat ada kiriman PIN dari google adsense, dalam bentuk surat yang sudah saya posting pada artikel berjudul Akhirnya PIN Google Adsenseku Datang Juga membuat orang tua saya lebih bangga karena anaknya dapat surat dari Amerika Serikat *harap maklum,orang desa :D*

Dan yang paling spektakuler sekaligus mengharukan, sampai membuat orang tua saya menangis. Beberapa bulan lalu, salah satu blog saya yang berbahasa inggris laku dibeli orang dengan harga 9 juta tunai! Dengan itu saya bisa membayar beberapa hutang orang tua saya serta membeli kebutuhan pertama untuk kost di jogja.

Ber-Internet Sampai Sekarang

Sampai sekarang,saya masih berinternet ria, ngeblog untuk membiayai hidup di perantauan dan alhamdulillah sedikit meringankan beban orang tua. Saya bangga dengan diri saya karena saya XLangkah Lebih Maju dalam memanfaatkan internet. Disaat banyak anak kost menunggu kiriman dari orang tua setiap bulan, saya bisa membiayai hidup saya dimasa kuliah dengan internet.

Internet Itu Luas, Lebih Dari Sekedar Facebook

Bagi yang berpendapat internet hanya sebatas facebok,twitter,atau cuma buat main-main. Ayo mulai rubah pola pikir dan kita manfaatkan internet secara optimal. Internet itu luas, banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari internet mulai dari ngeblog, berita yang terupdate setiap detik,tugas sekolah,dll. Om Tukul Arwana yang katanya orang ndeso saja tahu memaksimalkan penggunaan internet kok.

Sayangnya kebanyakan orang khususnya para generasi muda lebih menitikberatkan internet ke jejaring sosial facebook, padahal internet jauh lebih luas dari itu. Jika diibaratkan, facebook itu cuma air kamar mandi tapi internet itu lautnya. Yuk mulai maksimalkan internet, internet bukan cuma facebook doang bung!! Internet kok tahunya cuma facebook , ndeso!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *