Sukses Dual Booting OpenSuSE 12.3 dan Windows 7

Pada tanggal 6 OKtober kemarin, akhirnya saya berhasil menginstall distro opensuse 12.3 pada laptop saya si Lenovo B490 yang saya beli beberapa bulan lalu dari ELS Computer. Udah ah nyundulnya, balik ke topik awal. Pada awalnya, saya agak bingung juga soal apakah jadi menginstall atau tetap bertahan di Ubuntu 12.04 LTS. Penyebabnya, informasi seputar Opensuse 12.3 ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia.

Walhasil, untuk instalasi yang cukup rumit terutama dalam hal partisi dan recover grub untuk booting saya menggunakan referensi dari situs berbahasa inggris di luar sana. Yah, saya ndak akan banyak ngomong soal teknis instalasi, namanya juga postingan curhat. Problem utama yang saya temui adalah dalam hal partisi yang mana si suse dan situs-situs luar negeri merekomendasikan untuk membuat partisi /boot (di tutorial resminya begitu).

Open SuSE

Ya pada akhirnya bingung, soalnya partisi /boot ini juga yang dulu bikin saya gagal Debian Wheezy. Akhirnya partisi pun dibuat, manut tutorial yang ada. Hasilnya? Gagal masuk grub, inti pemberitahuannya, grub tidak ditemukan. Gaswat, soalnya dengan begitu berarti saya ndak bisa masuk windows juga. Setelah googling sana sini akhirnya menemukan cara lain, yaitu recover grub via grub rescue.

Yang ini sebenarnya agak diluar pakem resmi karena pada tutorial resminya, OpenSuse 12.3 mngharuskan pengguna untuk membuat /boot. Dalam kasus saya, saya pake grub rescue dan walhasil partisi /boot yang ukurannya 200MB-an harus dihapus dan dimerge dengan partisi root untuk Open suse 12.3.

Ohya, setelah install salah satu distro linux ini, saya sempat mengcapturenya. Yang ini pakek desktop KDE Plasma :

OpenSUSE 12.3 KDE Plasma

Bingung kah dengan postingan saya ini? Cuma curhat, ndak ada tutorialnya dll. Ya memang, inti postingan ini cuma curhatan terkait suksesnya dualboot opensuse 12.3 dan windows 7 di laptop saya.

Untuk tutorial, tunggu di postingan berikutnya. Udah dulu ya, mau oprek-oprek mainan baru dulu, Opensuse 12.3 :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *