Pengalaman Berbelanja di Lazada

Tentunya anda tahu situs Lazada kan, tempat belanja online dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan mulai dari barang elektronik, fashion, smartphone dan gadget, sampai dengan peralatan rumah tangga atau kantor. Sejak diluncurkan, Lazada menarik banyak sekali minat para “shoppers” online. Tak bisa dipungkiri memang, selain karena memiliki banyak pilihan barang dan tidak terbatas pada satu jenis barang saja, promo rutin berupa upon potongan harga membuat Lazada menjadi tempat belanja online paling populer di Indonesia.

Karena beberapa alasan itulah, pada bulan Oktober lalu saya memutuskan untuk belanja di Lazada. Barang yang saya beli saat itu adalah earphone Xiaomi Piston 3 warna hitam yang rencananya akan menjadi pasangan dari Redmi Note 2 Prime yang baru dibeli di akhir Oktober.

Xiaomi Piston 3 di Lazada

Ada beberapa pertimbangan mengapa saya memilih Lazada sebagai tempat belanja saat itu :

    1. Lazada sudah memiliki nama yang besar untuk sebuah online store, jadi hampir tidak mungkin terjadi penipuan. Jikalau ada masalah pun bisa diselesaikan meskipun memakan waktu cukup lama.
    1. Setiap produk memiliki deskripsi lengkap, memberikan pencerahan pada pembeli dan antisipasi untuk salah membeli barang KW.
    1. Navigasi situs yang mudah dimengerti, loading yang cukup cepat, dan sering mengadakan promo potongan harga baik itu langsung pada barang maupun menggunakan kupon.
  1. Review positif dari teman-teman yang sudah terlebih dahulu berbelanja di Lazada.

Berbekal beberapa alasan itulah, pada tanggal 21 Oktober 2015 lalu saya membeli barang seperti pada gambar diatas. Pengiriman saat itu menggunakan JNE, memakan 3 hari sejak pengiriman dengan 2 hari waktu untuk proses verifikasi sampai menuju pengiriman. Yang saya sukai dari Lazada adalah, situs ini menyediakan halaman khusus untuk menunjukkan status perjalanan barang yang anda beli. Status melingkupi tanggal disertai dengan deskripsi masing-masing proses.

Sebagai contoh, berikut ini adalah halaman status tracking saat saya membeli barang di Lazada untuk pertama kali :

Status Tracking Barang di Lazada

Status Tracking Barang di Lazada

Dengan melihat status tracking yang disajikan secara kronologis diatas, kita bisa melihat secara mendetail tentang “perjalanan” barang yang telah dibeli mulai dari proses pembayaran pertama kali sampai dengan sampainya barang di lokasi. Barang dibeli pada tanggal 21, menjalani verifikasi sampai dikirim pada tanggal 23, dan tiba di tujuan (Yogyakarta) pada tanggal 26.

Sekedar pengalaman, ika rekan-rekan semua membeli barang pada hari jumat atau sabtu kemungkinan pengiriman akan sedikit molor karena berdasarkan pengalaman kedua saya (barang masih otw) baru diproses pada hari senin. Saya membeli barang pada tanggal 4 Desember (Jum’at) dan barang baru dikirim pada tanggal 7 Desember (Senin). Notifikasi tiap update akan diberikan via email dan SMS.

Notifikasi dari Lazada

Notifikasi dari Lazada

Saran terakhir, sebelum membeli barang pastikan anda rajin mencari kupon potongan untuk barang yang akan anda beli sehingga anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Pada pembelian pertama, saya tidak menggunakan kupon dan membayar secara utuh. Namun pada pembelian kedua, saya mendapatkan potongan 100 ribu dari harga asli 300 ribu. Cukup lumayan kan, untuk harga barang kita bisa mendapatkan potongan sampai sepertiganya. Dan jangan lupa untuk membaca ketentuan per kupon, masing-masing kupon memiliki nilai minimal belanja dan nilai potongan maksimal.

Itulah pengalaman saya dalam berbelanja di Lazada. Apakah pernah mengalami masalah? Alhamdulillah sejauh ini belum ada, dan semoga jangan sampai ada. Sekian untuk sharing kali ini dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *