Asyiknya Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta di Event #NgobrolBloggerDIY

Pada tanggal 3 September 2016 lalu, saya menerima email yang berisi terpilihnya saya sebagai salah satu peserta event bertajuk Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta. Pada awalnya saya mengira kalau saya sudah salah masuk event, karena fokus saya saat membaca email langsung ke domain www.bloggerperempuan.com milik Blogger Perempuan Network. Namun setelah melakukkan recheck berupa memeriksa informasi di event facebook dan membaca email secara lebih mendetail, baru saya ngeh kalau beberapa hari lalu saya mendaftar event di Komunitas Blogger Jogja.

Event Ngobrol Blogger DIY

Event Ngobrol Blogger DIY

Mumpung ingat, saya langsung menghubungi beberapa teman blogger dari Komunitas Blogger Jogja. Untuk mengecek siapa saja yang terpilih dan siapa saja yang bisa diajak bareng ke lokasi. Maklum, saya gak terlalu hapal nama jalan atau lokasi-lokasi di Jogja meski sudah dari 2011 disini.

Setelah kontak sana-sini, akhirnya sepakat berangkat bareng dua rekan saya yaitu Sutopo dan Nugroho. Berhubung acara dimulai jam 6 sore dan inspeksi jam 5 sore, kami berangkat ke lokasi pada pukul 16.30. Oh iya, acara ini berlokasi di Roaster & Bear, lebih tepatnya Hotel Herper jalan Mangkubumi.

Presentasi Dari Yehezkiel Cyndo

Presentasi pertama dibawakan oleh Yehezkiel Cyndo atau lebih mudahnya bisa kita panggil Mas Cyndo. Mas Cyndo menceritakan awal-awal usahanya yang mengandalkan passion. Meskipun bersekolah di SMK dengan jurusan otomotif, setelah lulus Mas Cyndo memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Desain Produk di UKDW.

Dari situ, Mas Cyndo mulai mengasah kemampuannya menggambar mulai dari jelek, naik level ke pas-pasan, sampai dengan hasil yang sekarang. Gambar yang dibuat oleh Mas Cyndo juga bukan gambar biasa, melainkan berupa scrap frame yang “menceritakan” sebuah momen dalam bentuk gabungan dari beberapa gambar yang sudah ada.

Selain scrap frame, karya Mas Cyndo yang lain adalah MokuMoku. Pasti banyak yang bertanya, apalagi itu MokuMoku? Silahkan anda googling mengenai boneka Daruma dari Jepang dan boneka Matryoshka yang berasal dari Rusia. Bisa dibilang, MokuMoku adalah boneka serupa yang “versi” Indonesia. Nah, berikut ini adalah contoh boneka MokuMoku yang gambarnya saya ambil dari akun Instagram mas Cyndo di @yehezkielcyndo.

Boneka MokuMoku via Instagram @yehezkielcyndo

Boneka MokuMoku via Instagram @yehezkielcyndo

Ternyata masih ada lagi karya Mas Cyndo yang lainnya, yaitu Mural. Iya Mural, lukisan dengan media dinding yang sering kita temui di tembok pinggiran jalan di Yogyakarta. Ini satu contohnya saya ambil lagi dari akun instagram Mas Cyndo :

Mural Yang Sedang DIkerjakan via Instagram @yehezkielcyndo

Mural Yang Sedang DIkerjakan via Instagram @yehezkielcyndo

Q and E

Pertanyaan : “Loh, Mas Dian. Kok semua gambarnya ambil dari akun instagram Mas Cyndo? Bukan hasil foto sendiri di event?”
Jawaban : “Pas presentasinya Mas Cyndo saya fokus memperhatikan sampai lupa ambil foto. Nggak percaya? Ini fotonya pas diambil rekan Sutopo. Yang lainnya ngambil gambar presentasi, saya malah serius memperhatikan materi.”

Fokus Memperhatikan Materi via Instagram @sutoposasuke

Fokus Memperhatikan Materi via Instagram @sutoposasuke

Presentasi Aplikasi : Sakuku, Inovasi Mobile App terbaru dari BCA

Presentasi kedua dibawakan oleh Mas Richard Gunawan Jusup, perwakilan dari BCA yang mempresentasikan mengenai aplikasi barunya bernama BCA Sakuku yang sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu namun telah mengalami berbagai perkembangan sampai sekarang.  Bagi yang ingin tahu, secara singkatnya aplikasi Sakuku BCA adalah dompet elektronik pada smartphone yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran mulai dari bayar belanja pada merchant-merchant yang didukung Sakuku, isi pulsa, transfer, sampai dengan request transfer ke teman sesama pengguna Sakuku.

BCA Sakuku di Halaman Google Play Store

BCA Sakuku di Halaman Google Play Store

Aplikasi Sakuku tersedia untuk 2 platform mobile popular yaitu Android dan iOS, untuk link unduhnya bisa anda temukan dibawah ini :

Berbagai fitur dan kelebihan aplikasi Sakuku:

1. Bisa Bayar Belanja di Berbagai Merchant dan Website
Dengan menggunakan Sakuku, anda bisa melakukan pembayaran ke berbagai merchant dan website seperti Bhinneka.com, Blibli.com, Kaskus, RajaGame dan beberapa merchant lainnya. Ingin tahu daftar website dan merchant yang didukung Sakuku, cek di sini: http://www.bca.co.id/id/Individu/Produk/E-Banking/Sakuku/Merchant-desktop-version

2. Pengecekan Info Saldo dan Mutasi Transaksi
Yap, dengan aplikasi ini anda bisa mengecek secara jelas berapa saldo anda yang masih tersisa. Tak lupa juga, anda bisa mengecek mutasi beberapa transaksi terakhir dengan menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi.

3. Pengisian Pulsa Ke Berbagai Nomor
Ingin mengisi pulsa sendiri atau mendapatkan request dari anggota keluarga untuk mengisikan pulsa? Gampang, gunakan Sakuku. Malah anda yang kehabisan pulsa? Gampang juga, bisa request isi pulsa ke teman anda yang menggunakan Sakuku.

Oh iya, sekedar informasi. Sakuku bisa mengecek siapa-siapa saja dalam daftar kontak anda yang menggunakan Sakuku/Sakuku Plus atau yang bukan.

Kustomisasi Melalui Fitur Setting
Menggunakan fitur Settings yang tersedia dalam aplikasi, anda bisa melakukan berbagai kustomisasi seperti mengubah profil Sakuku, cover picture, PIN, mengaktifkan fitur permintaan, melihat info Sakuku, dan melakukan aktivasi Sakuku Plus.

Fitur Ekslusif Sakuku Plus

Sakuku Plus bisa dibilang satu level diatas Sakuku versi biasa, dan tentunya Sakuku Plus membawa beberapa fitur tambahan yang bisa dinikmati oleh penggunanya.

Sakuku Plus

Sakuku Plus

Untuk lebih detailnya, silahkan simak penjelasannya dibawah ini :

1. Transfer Dana Antar Pengguna Sakuku Plus
Anda bisa melakukan transfer dana atau melakukkan request transfer dana ke pengguna lainnya dengan minimal nilai transfer sebesar 5.000 rupiah. Tentu saja, rekan anda yang dimintai transfer atau yang akan anda transfer juga sudah harus mengaktifkan Sakuku Plus.

2. Fitur Split Bill, Makan Bareng = Bayar Bareng
Fitur ini membuat anda bisa berbagi tagihan dengan beberapa teman anda sesama pengguna Sakuku Plus dengan batasan maksimal 9 orang pengguna.

Contoh penggunaan Split Bill? Anggap saja begini, anda dan 8 orang teman anda sedang merayakan ulang tahun salah satu rekan anda dengan makan di merchant yang didukung oleh Sakuku dan sepakat biaya akan ditanggung 9 orang. Saat tagihan muncul, anda bisa membaginya rata ke semua teman anda dan akan langsung dipotong dari masing-masing akun Sakuku Plus mereka. Cukup jelas bukan?

3. Tarik Tunai di ATM BCA Berlogo Sakuku
Bisa dibilang ini alternatif lain untuk pengambilan uang dari ATM BCA selain menggunakan kartu ATM. Bagi anda pengguna Sakuku Plus, anda bisa menarik dana dengan kelipatan Rp 50.000 dengan maksimal penarikan Rp 1.250.000. Informasi tambahan, tarik tunai menggunakan Sakuku Plus hanya bisa dilakukan di ATM berlogo Sakuku. Cek daftar ATM BCA-nya disini : http://www.bca.co.id/id/Individu/Produk/E-Banking/Sakuku/Lokasi-ATM-BCA.

4. Saldo Maksimum
Singkatnya, jika Sakuku versi biasa saldo maksimumnya adalah sebesar 1 juta rupiah. Namun untuk Sakuku Plus, saldo maksimalnya sebesar 5 juta rupiah.

Untuk mengaktifkan Sakuku dan Sakuku Plus, anda bisa cek langsung caranya di halaman resmi Sakuku BCA di http://www.bca.co.id/sakuku atau dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat di kota anda. Sakuku, Bikin Hang Out Makin All Out!

Makanan, Foto Bareng, dan Oleh-Oleh

Bicara soal event blogger memang tidak lepas dari aktivitas makan-makan dan foto bareng dan tentu saja hal ini paling bisa didokumentasikan. Berhubung lokasi event berada di tempat keren sekelas Roaster & Bear, jadi makannya pun juga enak. Hitung-hitung perbaikan gizi untuk anak kost seperti saya.

Menu yang saya ambil dari daftar menu Roaster & Bear : Sapi Lada Hitam

Menu yang saya ambil dari daftar menu Roaster & Bear : Sapi Lada Hitam

Dan tak lupa juga, foto seluruh peserta di akhir acara. Alhamdulillah di foto ini saya kelihatan jelas, nggak rugi juga pegangin tulisan “JOGJA” di depan.

Event Tak Lengkap Tanpa Foto Bareng, via Grup FB Komunitas Blogger Jogja

Event Tak Lengkap Tanpa Foto Bareng, via Grup FB Komunitas Blogger Jogja

Makanan sudah, foto event sudah, nah sekarang pembahasan sedikit soal oleh-oleh. Berhubung saya tidak menang di kuis yang diadakan, jadi yang saya bawa pulang ya oleh-oleh default ala peserta: goodie bag dengan beberapa isinya, juga foto cetak dari Usagi Instant Photobooth :

Oleh Oleh Event

Oleh Oleh Event

Terima kasih untuk penyelenggara dan juga semua peserta, sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *