ASUS ROG GX800, “Monsternya” Notebook Gaming Dengan Spesifikasi Kelas Dewa

Masih ingat dengan ASUS ROG GX700 yang baru dirilis tahun lalu? Sebuah laptop monster yang didedikasikan untuk aktivitas gaming dan dibanderol dengan harga 60 juta. Pada saat itu, orang-orang cukup terkejut dengan rilisan produk terbaru ASUS tersebut. Dan setelah beberapa bulan berselang, dunia penggemar laptop gaming kembali dikejutkan ASUS dengan perilisan suksesornya yaitu ASUS ROG GX800.

ASUS ROG GX800 membawa desain yang mirip dengan pendahulunya, namun dengan sistem dan spesifikasi yang lebih bagus, lebih cepat, dan lebih lebih yang lainnya. Namun tentu saja, upgrade pada performa keseluruhan juga disertai dengan banderol harga yang lebih fantastis. Jika GX700 dibanderol dengan harga 60 jutaan rupiah, maka produk terbaru ASUS yang satu ini harganya hampir mencapai angka 100 juta,lebih tepatnya di angka 95 juta!

Gagahnya ASUS ROG GX800

Gagahnya ASUS ROG GX800

Sebagai orang yang hanya pernah menggunakan laptop dengan harga tidak lebih dari 6 jutaan, tentunya harga ini sangat mengagetkan bagi saya. Tapi setelah melihat spesifikasi keseluruhan di beberapa situs review disertai dengan performanya dalam hal gaming yang bahkan malampaui high class gaming computer sekalipun, saya bisa mengerti mengapa ASUS ROG GX800 dibanderol dengan harga setinggi itu.

Spesifikasi “Super” ASUS ROG GX800

Intel Core i7-7820HK, Generasi Baru Kaby Lake

Intel Core i7-7820HK, Generasi Baru Kaby Lake

Baru dari segi prosesornya saja, ASUS ROG GX800 membawa Intel Core i7-7820HK. Prosesor ini merupakan CPU quad-core generasi terbaru dari Intel yaitu Kaby Lake. CPU ini memiliki berbagai macam keunggulan seperti mendukung penggunaan memory Hingga 64GB, clock speed yang lebih tinggi + konsumsi daya yang lebih hemat daripada generasi sebelumnya, dukungan Intel Speed Shift Technology, dan juga Intel Turbo Boost Technology.

Normalnya, prosesor ini hanya memiliki kecepatan maksimum 3.6GHz. Namun di ASUS ROG GX800 performanya bisa dimaksimalkan sampai dengan 4.2GHz melalui overlocking. Kecepatan prosesor atau clock speed sangat mempengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan, dan dalam hal ini ASUS ROG GX800 sudah membuktikan kemampuannya.

Lebih detail lagi mengenai spesifikasi laptop gaming ini, bisa anda lihat dibawah ini :

Main Spec. ROG GX800 (G-SYNC)
CPU Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Sistem Operasi Windows 10 Home
Memory (RAM) 64GB DDR4 up to 2800MHz
Penyimpanan M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display 18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Kartu Grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
Kamera Built-in HD camera and array mic
Konektivitas Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimensi
Battery
MSRP
Garansi 2 years full global warranty

Gallery

GX800 Tampak Depan

GX800 Tampak Depan

GX800 Tampak Samping

GX800 Tampak Samping

GX800 Tampak Samping, Dengan Dock

GX800 Tampak Samping, Dengan Dock

GX800 Tampak Belakang

GX800 Tampak Belakang

GX800 Tampak Belakang Dengan Watercooling Dock

GX800 Tampak Belakang Dengan Watercooling Dock

Full Upgrade Dari Generasi Sebelumnya, ROG GX700

ROG GX800 Tampak Belakang Dengan Logo Yang Menyala

ROG GX800 Tampak Belakang Dengan Logo Yang Menyala

Mengadopsi desain dari pendahulunya, ASUS ROG GX800 membawa Armor Titanium dengan warna abu-abu mengkilap. Tampak belakang, terdapat logo ASUS ROG dibagian tengah dan diapit oleh 2 garis dengan kemiringan 70 derajat yang tentunya bisa menyala, sangat keren dan benar-benar menampilkan identitas sebagai laptop gaming premium ala ROG.

Bagian panel LID (cover penutup),palm rest, dan juga keyboard dibungkus oleh alumunium. Sementara itu, pada bagian bawah yang meliputicover penutup berupa pelindung hardware penting terbuat dari material plastik khusus.

Meskipun dari luar tampak sama dengan GX700, hampir keseluruhan hardware laptop ini adalah versi upgrade dari pendahulunya. Misalnya saja dari ukuran layar. ROG GX700 memiliki layar berukuran 17.3 inci sedangkan GX800 memiliki ukuran layar yang lebih besar lagi, yaitu 18.4 inci. Perbedaan lain juga bisa anda temukan pada kartu grafisnya, dilanjutkan dengan prosesor yang clock speednya terpaut 200Mhz, dan beberapa spesifikasi lainnya yang bisa anda simak pada tabel dibawah ini. :

Tabel Perbandingan GX800 dan GX700

Tabel Perbandingan GX800 dan GX700

Detail Spesifikasi dan Fitur Unggulan

Dengan berbagai teknologi dan fitur terbaru yang ditanamkan, bisa dikatakan bahwa ASUS ROG GX800 adalah laptop gaming terbaik dan tercepat saat ini. Dibawah ini akan saya bahas mengenai berbagai teknologi terbaik dan fitur unggulan yang tersedia dalam ASUS ROG GX800.

Intel Core i7-7820HK, Overclockable Sampai 4.2GHz

Overclocking Menggunakan ASUS Gaming Center

Overclocking Menggunakan ASUS Gaming Center

ASUS ROG GX800 dipersenjatai oleh Intel Core i7-7820HK yang bisa di overclock sampai dengan clock speed 4.2GHz atau 200MHz lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Overclock ini akan mendorong GX800 untuk bisa bekerja lebih maksimal seperti mempercepat proses rendering video dan juga meningkatkan FPS pada game.

Pengguna pun tak perlu bingung dalam melakukan proses overclocking karena ASUS sudah menyediakan tool khusus yang bernama ASUS Gaming Center. Dengan tool ini, pengguna bisa menaikkan clock speed CPU dan GPU sampai pada batas tertentu.

Hydro Overclocking System Dengan Docking Watercooling Generasi 2

Hydro Overclocking System Dengan Portable Dock

Hydro Overclocking System Dengan Portable Dock

Rahasia performa ASUS ROG GX800 terdapat pada sistem pendingin yang dibawa oleh Docking Watercooling Generasi 2, yang mana sistem pendinginnya disebut dengan Hydro Overclocking System. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan overclocking pada CPU,GPU, dan RAM tanpa takut terjadi kerusakan karena overheat.

Cara kerja dari Hydro Overclocking System adalah dengan mengalirkan cairan dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja. Setelah mendinginkan sistem, cairan yang sudah panas akan dialirkan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperaturnya menggunakan radiator.

“Dengan Hydro Overclocking System, Intel K-SKU CPU pada ROG GX800 bisa di overclock sampai dengan 4.2GHz sehingga anda mendapatkan performa maksimal. Kartu grafis bisa di overclock sampai dengan 1961MHz, sedangkan VRAM dan DRAM masing-masing bisa di overclock sampai 5,200MHz and 2,800MHz,” – Klaim ASUS

Memang, keberadaan Docking Watercooling ini memiliki banyak manfaat dalam hal peningkatan performa GX800. Namun ada juga efek kurang bagusnya, keberadaan dock portable ini membuat pengguna akan agak kerepotan dalam membawa GX800 dan dock watercoolingnya. Namun jika anda adalah pengguna dengan mobilitas tinggi namun tetap membutuhkan “monster” ini, saya rasa itu takkan jadi masalah besar.

Media Penyimpanan Super Dengan RAID 0

Harga yang fantastis, prosessor super fantastis,dan tak lupa juga media penyimpanan yang tak kalah super juga ditanamkan di laptop ini. ASUS ROG GX800 membawa 3 keping SSD yang masing-masing berukuran 512GB (total 1,5TB!). Tidak mengherankan memang mengingat game saat ini memiliki ukuran setidaknya puluhan sampai dengan ratusan GB, belum lagi jika game tersebut mendukung penggunaan mod.

3 keping SSD ini memiliki fitur NVMe yang merupakan singkatan dari Non Volatile Memory Express yang bertugas untuk memaksimalkan kecepatan read-writenya. Tak lupa juga, dukungan slot PCIE 4 yang menghasilkan kecepatan read SSD sampai dengan 20GB/detik.

Dukungan Dual Geforce GTX 1080 SLI + 64GB DDR4

Kartu Grafis Geforce GTX 1080

Kartu Grafis Geforce GTX 1080

Sudah bicara mengenai prosesor, tak akan genap rasanya kalau kita tidak membahas 2 kru pendukungnya yaitu kartu grafis dan RAM. ASUS ROG GX800 membawa Dual Geforce GTX 1080 yang artinya, terdapat 2 kartu grafis dalam laptop ini untuk mendukung aktivitas gaming anda. Tak lupa juga, RAM berukuran 64GB yang akan mensupport kinerja prosesor. Bisa dipastikan, keberadaan RAM 64GB ini akan mmebuat semua aktivitas dalam laptop menjadi lebih lancar dan smooth, tanpa disertai kendala,delay, atau lag saat bermain game.

Layar Dengan Teknologi NVIDIA G-SYNC

NVIDIA G-SYNC

NVIDIA G-SYNC

ASUS ROG GX800 terbilang memiliki ukuran sangat besar untuk sebuah laptop dengan layar berukuan 18.3 inch. Pada layar beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), ditanamkan sebuah teknologi dengan nama NVIDIA G-SYNC. Sesuai dengan namanya, fitur ini dibuat oleh NVIDIA dan memiliki fungsi untuk menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU sehingga gambar dan gerakan yang ditampilkan pada layar akan lebih halus.

Agar gambar yang ditampilkan tampak lebih bagus lagi, pada GX800 ASUS juga membawa in-plane switching atau IPS.Tentunya anda cukup familiar dengan IPS karena teknologi ini juga banyak digunakan padalayar smartphone saat ini. IPS menawarkan akurasi dan produksi gambar yang lebih baik, dan sangat cocok untuk hal-hal seperti, fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga membuat film.

Dukungan ASUS Splendid Technology

ASUS Splendid Technology

ASUS Splendid Technology

Selain NVIDIA G-Sync, ASUS juga menyematkan teknologi ASUS Splendid Display yang berfungsi untuk memilih mode layar sesuai dengan kebutuhan anda. Terdapat 4 mode yang disediakan oleh Splendid Display,yaitu Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  • Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.
  • Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  • Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Melihat dari deskripsi diatas, mode yang paling cocok dengan saya sepertinya adalah Eye Care Mode. Karena sebagai blogger yang juga gamer, saya bisa berjam-jam berada didepan laptop. Bagaimana dengan anda? Mode mana yang paling cocok?

Mekanikal Keyboard, Dengan Nyala Lampu Yang Bisa Disesuaikan Dengan ROG Aura

Mekanikal Keyboard pada GX800

Mekanikal Keyboard pada GX800

Jika pada produk ROG secara umum, keyboard yang lazim dijumpai adalah single LED keyboard yang berwarna merah. Pada ROG GX800, ASUS sudah menggunakan RGB keyboard yang memancarkan berbagai macam warna. Untuk nyala lampunya, pengguna bisa menyesuaikannya melalui ROG Aura yang terdapat pada ROG gaming center.

Hal lain yang menarik pada mekanikal keyboard laptopini adalah penggunaan bold putih pada huruf W,A,S,dan D yang secara langsung menunjukkan eksistensi laptop ini dikhususkan untuk aktivitas gaming. Sekedar informasi : W,A,S,D adalah tombol yang umum digunakan sebagai tombol untuk pergerakan seperti maju, mundur, jalan ke samping kanan, kiri pada gaming.

WiFi Antena Eksternal Untuk Tangkapan Sinyal Yang Lebih Baik

WiFi antena eksternal pada ROG GX800

WiFi antena eksternal pada ROG GX800

Sebagai pelengkap, ASUS juga menyediakan WiFi antena eksternal untuk ROG GX800 yang kemampuannya dalam hal menangkap sinyal jauh lebih baik jika dibandingkan dengan antenna penangkap sinyal biasa. Menurut ASUS sendiri, antenna ini bisa menangkap sinyal sampai dengan 50% lebih baik jika dibandingkan dengan antenna standar. Dan tentunya, hal ini akan sangat membantu bagi para gamer yang sedang bermain game online dan tidak menggunakan jaringan LAN.

ASUS GameFirst III Untuk Koneksi Internet Yang Lebih Optimal

ASUS GameFirst III

ASUS GameFirst III

Sesuai dengan namanya, GameFirst. Fitur ini akan memprioritaskan penggunaan koneksi internet untuk aktivitas gaming dan menomor duakan aplikasi dan program non gaming. ASUS GameFirst III sangat efektif untuk mengurangi lambatnya jaringan dan fenomena menjengkelkan seperti lag dalam game.

Contoh penggunaannya seperti ini,anggap saja anda sedang mengunduh file di browser namun di saat yang sama anda sedang bermain game online. Normalnya, bandwith internet akan difokuskan pada download dan mengabaikan program-program lainnya. Namun dengan GameFirst III, bandwith akan mengutamakan kebutuhan bermain game online.

Kelengkapan Port Input dan Output

Si Leviathannya laptop gaming ini menyediakan port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.  Ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock. Cek gambar dibawah ini untuk penampakannya :

Port Pada GX800 via NotebookCheck

Port Pada GX800 via NotebookCheck

Penyempurnaan Kualitas Audio Dengan Dual Array Microphone

Komunikasi Tanpa Gangguan Dengan Dual Array Microphone

Komunikasi Tanpa Gangguan Dengan Dual Array Microphone

Saat ini,sudah sangat umum jika gamer yang sedang memainkan game multiplayer menggunakan video chat atau sekedar voice chat baik itu fitur in game maupun dari luar game seperti discord. Fitur Dual Array Microphone akan membuat pengguna bisa menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat. Misalnya saja ketika anda sedang mengikuti kompetisi gaming yang seringnya ditonton banyak orang dan ramai dengan suara-suara dari para penonton.

Dengan adanya teknologi Noise Supression pada ROG GX800, pengguna akan menerima suara jernih yang sudah disaring sehingga tidak terdengar polusi-polusi suara yang tidak diinginkan seperti suara ketikan keyboard,audio dari game itu sendiri, sampai dengan suara dari kipas sehingga rekan anda dalam berkomunikasi bisa mendengarkan suara anda dengan jelas tanpa noise.

Hasil Benchmark

Mode Standard

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Standard Mode

Mode Optimized

ROG GX800 Optimized Mode

ROG GX800 Optimized Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Optimized Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Optimized Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Optimized Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Optimized Mode

Mode EXTREME

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800 Extreme Mode

Penggunaan Diluar Gaming?

Dengan spesifikasi dan performa sekelas monster, tentunya ASUS ROG GX800sudah lebih dari cukup jika anda ingin menggunakannya untuk aktivitas diluar gaming. Misalnya saja :

1. Penggunaan untuk kerja kantoran, pengoperasian program-program Office
2. Anda seorang game streamer yang secara rutin menayangkan aktivitas gaming anda.
3. Rendering video baik itu untuk pekerjaan maupun untuk upload di Youtube (Youtuber)
4. Blogging, yang kadangkala multitasking banyak tool dan program bersamaan.
5. dll

Bonus ROG Backpack + Suitcase

ROG Backpack dan Suitcase

ROG Backpack dan Suitcase

Dengan berat 5,7 kilogram dan ukurannya yang cukup besar jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya, ditambah lagi dengan keberadaan watercooling dock yang ukurannya cukup besar tentunya akan agak sulit jika ingin membawa-bawa laptop ini kemanapun. Untuk mengatasi hal itu, ASUS sudah meng-include kan ROG backback + suitcase khusus untuk laptop ini sehingga anda tetap bisa pergi kemanapun dan membawanya tanpa kesulitan.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi dan performa monster yang bahkan bisa melampaui komputer gaming yang canggih sekalipun, bisa dipastikan bahwa ASUS ROG GX800 tidak akan mengalami kesulitan untuk memainkan game-game populer yang baru dirilis akhir-akhir ini. Sesuai dengan tujuan ASUS, yaitu menghadirkan laptop ini untuk “4K UHD Gaming Experience“. Untuk penggunaan lain diluar aktivitas gaming,misalnya untuk pekerjaan normal atau rendering video jika anda seorang youtuber. Saya katakan dengan pasti bahwa itu sudah lebih dari sangat cukup.

Namun tentu saja, kualitas yang sekelas “monster”pun juga disertai dengan harga yang tergolong “monster”juga. Dibanderol di angka sekitar 95 juta, memang mungkin hanya orang sekelas sultan yang membelinya. Bagaimana dengan anda? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *