Reunian Dengan Teman Sekolah via Aplikasi JOIN Alumni and School Friends

Seberapa seringkah anda melakukkan reuni dengan teman-teman anda sekolah? Baik itu SD,SMP, sampai dengan SMA? Tebakan saya, pasti sangat jarang mengingat kesibukan masing-masing orang yang mungkin disibukkan oleh pekerjaan maupun kuliah.

Pengakuan saya sendiri, sangat jarang saya melakukkan reuni dengan teman-teman semasa sekolah. Untuk SD dan SMP masih oke karena jarak rumah cukup dekat sehingga masih sering ketemu meskipun sebagian masih jarang.

Nah, untuk yang SMA ini yang susah. Karena kebanyakan teman saya kuliah di daerah-daerah lain seperti Surabaya, Malang, dll. Kami sangat jarang melakukkan tatap muka secara langsung. Paling banter mungkin pada saat puasa ramadhan (buka bersama) atau pada saat ada acara sekolah khusus alumni, itupun tidak selalu semua bisa datang karena masing-masing orang punya kesibukan sendiri :3.

Beberapa hari lalu, seorang teman dari Komunitas Blogger Jogja memperkenalkan sebuah aplikasi jejaring sosial kepada saya. Nama aplikasinya JOIN Alumni & School Friends, didevelop oleh Join Alumni Team yang berasal dari Yogyakarta.

Aplikasi JOIN Alumni & School Friends telah tersedia di google play store. Sebelum melakukkan instalasi, saya sempatkan membaca sedikit deskripsi dari aplikasi ini. Dari sana saya menemukan bahwa aplikasi ini memiliki 276,556 data sekolah di seluruh Indonesia mulai dari SD sampai dengan tingkatan universitas. Selain itu, JOIN Alumni & School Friends berhasil mendapatkan lebih dari 10,000 hanya dalam waktu 2 minggu!

Worth to try, dan tentunya saya langsung mencoba untuk install dan eksekusi aplikasi ini. Untuk device yang digunakan untuk tester, saya menggunakan Lenovo A3000 kesayangan :D.
JOIN App

Menggunakan Aplikasi JOIN Alumni & School Friends

1. Saat pertama kali membuka aplikasi ini, anda akan disuguhi 2 gambar yang berisi sambutan dari aplikasi. Untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, cukup lakukkan slide kekanan.

Tampilan Depan

Tampilan Depan

2. Yang ini anda harus memilih tingkatan sekolah. Untuk awal saya mencoba mencari SMA saya, SMAN 1 Kertosono yang alhamdulillah ada dalam daftar. Untuk awal anda cukup mencoba 1 saja dulu, nanti setelah semua proses selesai anda bisa menambahkan sekolah-sekolah lainnya.

SMAN 1 Kertosono

Mencari SMAN 1 Kertosono

3. Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi, disini anda bisa memilih dua cara yaitu dengan langsung login menggunakan facebook atau verifikasi dengan nomor handphone.

Verifikasi via FB atau SMS

Verifikasi via FB atau SMS

Dalam hal ini saya menggunakan verifikasi melalui sms. Prosesnya cukup mudah, cukup masukkan nomor hp kemudian submit. Intinya, sama dengan proses verifikasi saat anda menggunakan aplikasi LINE atau WhatsApp.

4. Selanjutnya, anda bisa melengkapi profil diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, menambahkan foto profil, dll.

Melengkapi data diri dan memilih foto profil

Melengkapi data diri dan memilih foto profil

5. Oke, dari sini kita sudah masuk ke beranda aplikasi ini. Pada gambar dibawah ini saya memilih bagian high school, tapi kontaknya masih kosong.

Beranda Tab High School

Beranda Tab High School

Oke, saya coba tambahkan STMIK AMIKOM. Dan berikut ini adalah hasilnya, beberapa user yang berasal dari STMIK Amikom Yogyakarta telah terlisting di aplikasi ini.

Input AMIKOM dan tab University

Input AMIKOM dan tab University

Yup, setelah mengerti penggunaan dari aplikasi JOIN Alumni & School Friends. Anda dipersilahkan untuk melakukkan eksplorasi lebih jauh, mencari atau bahkan mengajak teman-teman anda untuk bernostalgia masa sekolah melalui aplikasi ini.

Saran

  1. Kalau bisa, aplikasi ini juga dibuat versi untuk platform populer lain seperti iOS, Blackberry, dan juga windows phone mengingat masih banyak “calon” user yang menggunakan platform lain selain android.
  2. Kalau bisa juga, aplikasi diberikan fitur untuk mengganti theme dari aplikasi. Karena pendapat pribadi saya, color scheme aplikasi ini mirip sekali dengan kakao talk :3. Ya karena tidak mungkin merubah warna keseluruhan, termasuk logo juga. Jadi saran saya ya itu tadi, penambahan fitur kustomisasi theme :D.
  3. Kalau bisa ada penambahan mode landscape karena sewaktu saya coba ternyata yang ada hanya portrait mode saja. Memang terkesan “sepele”, tapi saya rasa banyak pengguna lebih nyaman dengan mode landscape

Bagi anda yang ingin mendownload aplikasi JOIN Alumni & School Friends, silahkan langsung masuk ke google play store via link ini atau download langsung file apknya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *